News, Review, Spesifikasi, Modifikasi Motor

Tuesday, April 28, 2015

Tips Cara Merawat, Membersihkan & Mengencangkan Rantai Motor

Blog Info Motor - Cara Merawat, Membersihkan & Mengencangkan Rantai Motor - Komponen rantai pada sepeda motor adalah salah satu bagian yang perlu mendapat perhatian rutin. Rantai pada sepeda motor berfungsi sebagai penghubung tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke roda. Oleh karena itu, peran rantai pada sepeda motor sangat vital. Ketahanan rantai umumnya beragam, tergantung perawatan dan cara pemakaian.

Rantai kendor selain menurunkan performa dan akselerasi juga dapat membahayakan pengendara. Resiko rantai terlepas saat motor sedang melaju juga besar. Yang lebih fatal lagi, rantai terlepas lalu terjepit diantara gir dan lengan ayun.

Oleh karena rantai sepeda motor cukup sering kendor, tidak ada salahnya mengetahui tips cara merawat, membersihkan & mengencangkan rantai motor.

Cara Mengencangkan Rantai Sepeda Motor

Jarak bebas rantai yang direkomendasikan antara 10-20mm (1-2cm). Bisa diukur dengan patokan sebagai berikut:
jarak kerenggangan rantai motor
Untuk mengencangkan rantai motor cukup kendurkan baut as roda dengan kunci ring. Setelah kendur, putar baut kecil yang ada ditengah-tengah lengan ayun searah jarum jam dengan jumlah putaran yang sama di kedua sisi. Setelah itu, bisa mengencangkan kembali baut as rodanya.
cara mengencangkan rantai motor

Cara Merawat & Membersihkan Rantai Sepeda Motor

Rantai sepeda motor yang berisik umumnya disebabkan oleh kondisi rantai yang kotor, penuh debu dan pasir. Untuk membersihkan rantai sepeda motor bisa dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari melepas rantai dan merendamnya dengan bensin, atau sekedar mencucinya dengan air sabun / deterjen sambil disikat-sikat dengan sikat gigi bekas. Untuk cara kedua barangkali lebih praktis.
cara membersihkan rantai motor
Selain bensin dan air sabun, pilihan lainnya bisa juga memakai chain cleaner yang bisa dibeli di bengkel motor atau swalayan.

Setelah selesai dibersihkan dengan cara diatas, jangan lupa untuk mengoleskan dengan chain lube (pelumas rantai).

Nah, itulah beberapa Tips Cara Merawat, Membersihkan & Mengencangkan Rantai Motor. Semoga bermanfaat :-)

Tips Cara Merawat, Membersihkan & Mengencangkan Rantai Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin